Sabtu, 25 Februari 2012

Case C


Dalam pertemuan dan diskusi di kelas. Dapat disimpulkan bahwa untuk mengatakan atau “men-judge” seseorang abnormal, seseorang harus memiliki ketiga ciri-ciri berikut, bila hanya salah satu atau salah dua, seseorang masih dikatakan Normal. Ini tiga ciri-ciri Abnormal :
  1. Disfungsi Psikologi : menjalankan peran atau fungsi dalam kehidupan : integrasi aspek kognitif, afektif, konatif atau psikomotorik. 
  2. Distres : impairment (hendaya), menunjukkan pada keadaan "merusak" dirinya, baik dalam bentuk fisik  ataupun psikis. (adanya kelainan anatomi dan gangguan fungsi fisiologis ataupun psikologis).
  3. Respon Atipikal : (Secara Kultural Tidak Diharapkan). Reaksi yang Tidak sesuai dengan keadaan sosio kultural yang berlaku. 


Kasus C
Landa berusia 25 tahun telah menjalani hubungan perkawinannya selama hampir 2 tahun. Landa selalu merasa ketakutan dan kekhawatiran yang mendalam bila bersama suaminya. Hal ini tidak terlalu dirasakannya ketika ia bersama orang lain. Suami subjek merupakan figur suami yang otoriter dan overprotektif. Subjek selalu merasa disalahkan atas setiap hal yang dilakukannya. Subjek merasa tidak berani memberikan pendapat kepada suaminya. Subjek merasa tidak bahagia dengan kehidupan perkawinannya tersebut dan berniat untuk segera bercerai dengannya tetapi subjek tidak mempunyai keberanian untuk melakukannya.

Dari kasus diatas, Linda mengalami (disfungsi psikologis) ketakutan dan kekhawatiran selama dua tahun, ini terjadi bila Linda sedang bersama suaminya, tetapi bila dengan orang lain Linda merasa nyaman-nyaman saja. Dilihat dari (raksi atipikal) Linda tidak asertif atas dirinya dalam rumah tangganya, karena Linda tidak berani mengungkapkan pendapatnya kepada suami, ini dikarenakan budaya yang ada disekitar Linda, dimana sosok seorang istri harus manut terhadap suami. Tetapi  Linda tidak mengalami distres.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Linda Normal

Referensi
Akbar, Zarina. 2012. Slide Psikologi abnormal. Psikologi. UNJ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar